Written by Rizaldi on . Hits: 78

"MEMAHAMI MAKNA FILOSOFIS MOTTO DI BALIK MOTTO BARU PA SELATPANJANG"

Memasuki tahun baru 2021, Pengadilan Agama Selatpanjang menambahkan motto baru pada motto sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk menambah daya juang dan daya gedor semangat bekerjasama dan spirit sama-sama bekerja. Kegagalan meraih predikat WBK di tahun 2020 menjadi titik balik untuk kembali berbenah diri dalam menyambut serta menyongsong pembangunan Zona Integritas di tahun 2021.

Seluruh aparatur Pengadilan Agama Selatpanjang meyakini bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya tetapi merupakan cambukan dan pecutan untuk bangkit menjadi lebih baik dalam segala hal. Banyak langkah yang coba ditempuh, salah satunya adalah menambahkan dua motto baru yang sebelumnya hanya pemandu:”PA Selatpanjang”No corruftion tolak gratifikasi yes…yes….yes… ditambah lagi dengan dua motto yaitu : 

1.  Pemandu: ”apa kabar PA Selatpanjang? ” Yang dijawab serempak :”pagi….pagi….pagi….luar biasa. 

2.  Pemandu: ”satu untuk semua”. Yang dijawab secara serempak “semua untuk satu”.

Motto ini diadaptasi dari motto “the three musketeer” kisah tentang tiga orang pasukan elit pengawal raja perancis yang banyak bertugas melindungi raja dan konstitusinya dari orang-orang yang berniat mencelakai. Kisah mereka bertiga (dan sahabatnya), sebenarnya hanyalah rekaan di sebuah novel karangan alexandre dumas yang pertama-kali di terbitkan tahun 1844. Semboyan atau three musketeer dalam bahasa perancis-nya adalah un pour tous, tous pour un (one for all, and all for one; also inverted to all for one, and one for all)

Ada dua hal yang akan kita paparkan terkait makna filosofis dari dua motto tersebut. Makna motto apa kabar pa selatpanjang? Yang dijawab pagi…pagi…pagi… luar biasa mengindikasikan beberapa hal diantaranya: (a)Rasa syukur kepada Allah SWT karena Allah masih memberikan anugrah usia sehingga bisa berjumpa dengan hari yang baru. (b)Pagi mengindikasikan kesegaran, kebugaran. Dengan pengucapan pagi-pagi mudah2an pegawai pengadilan agama selatpanjang senantiasa sehat raga, jiwa, hati dan pikirannya. (c)Kata pagi mengindikasikan semangat dan antusias yang tinggi. Dengan menjawab pagi….pagi …pagi dalam   keadaan pagi,siang, sore dan malam, pegawai pengadilan agama selatpanjang tetap memiliki semangat dan antusias pagi. (d)Kata “luar biasa” bermakna harapan dan asa mudah-mudahan allah memberikan anugrah-anugrah yang luar biasa ke seluruh aparatur Pengadilan Agama Selatpanjang.

Sedangkan motto “semua untuk satu yang dijawab satu untuk semua” memiliki makna filosofis bahwa semuaa pegawai berusaha mengerahkan seluruh kemampuan dan kinerjanya untuk membuat Pengadilan Agama Selatpanjang dapat berbuat lebih baik lagi. Sedangkan makna “satu untuk semua” artinya bahwa Pengadilan Agama Selatpanjang adalah milik semua pegawai bukan hanya Ketua, Wakil, Panitera, Sekretaris dan yang lainnya.

Semua upaya dan do`a hanyalah usaha manusia, namun, hasil akhir hanya ada dalam taqdir dan tadbir allah SWT. Pengadilan Agama Selatpanjang, 7 januari 2021. (Erlan/Tim IT PA Slp)

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Selatpanjang
Jl. Dorak, Banglas, Kec. Tebing Tinggi,
Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau 28791

(0763) 32220/434000
email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  Lokasi Kantor

Copyright © 2018 IT. Pengadilan Agama Selatpanjang