Written by Rizaldi on . Hits: 95

MULAI DARI DIRI SENDIRI SEKARANG

Selatpanjang || www.pa-selatpanjang.go.id

Sore kamis yang tenang, tanggal 07 Januari 2021, Mushalla Al-Mahkamah Pengadilan Agama Selatpanjang menginisiasi kegiatan tausiyah rutin mingguan yang dilaksanakan pada hari kamis setelah shalat ashar berjamaah. Pada kesempatan yang berbahagia ini tausiyah diisi oleh Ketua PA Selatpanjang Dr. Erlan Naofal, S.Ag., M.Ag. yang menyampaikan materi kajian tentang “3 M “ diantaranya : (1) mulai dari diri sendiri, (2) mulai dari hal terkecil dan (3) mulai dari sekarang.

 

Kiat Pertama adalah "Mulai dari diri sendiri". Sebuah proses introsepsi diri, menghisab diri sendiri, apakah kita sudah baik ataua masih jauh dari baik. Bila saat ini kondisi kita secara sosial ekonomi tidak baik, tanya pada diri sendiri, kenapa? Apakah salah orang lain atau salah diri sendiri? Menurut beliau jangan menyalahkan orang lain, renungkan! Bukan fitnah atau perbuatan orang lain yang menyebabkan kita tersungkur, tanya diri sendiri daripada menyalahkan orang lain.

Kiat kedua adalah, "Mulailah dari hal terkecil". Langkah raksasa, langkah revolusi adalah mimpi karena manusia punya keterbatasan, implementasinya lakukanlah secara bertahap.

Kiat ketiga adalah "Mulailah dari sekarang". Peletakan batu pertama adalah simbol memulai pembangunan sebuah gedung, tak mungkin kita mampu mendirikan gedung tanpa mulai membikin fondasi, tanpa melakukan langkah pertama menuju terbangunnya sebuah gedung perkasa. Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan mungkin masih menjadi salah satu sifat kurang baik pada diri kita.

Kita mungkin pernah mendengar jargon pidato Bung Karno pada sekitar tahun 1960-an "Revolusi belum selesai". Padalah revolusi di Indonesia sudah terjadi sejak 1945, kenapa dua puluh tahun belum selesai? Revolusi membangun bangsa Indonesia yang adil makmur kalau kita mau jujur memang tak mungkin dilakukan secara drastis, harus ada perencanaan yang matang, harus ada langkah-langkah sistematis, step by step.

Kegiatan Tausiyah Singkat Ba’da Ashar ini dilaksanakan setiap hari kamis dimana Pengisi Tausiyah Setiap minggunya di gilir dari pejabat Hakim Pengadilan Agama Selatpanjang untuk menyampaikan tausiyah. Dengan Adanya Tausiyah Singkat ini Semoga amal Ibadah Aparatur pengadilan Agama Selatpanjang di ridhoi Oleh Allah S.W.T. hendaknya Amiin Ya Rabbal A’lamin. (Riz@l/Tim IT PA Slp).

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Selatpanjang
Jl. Dorak, Banglas, Kec. Tebing Tinggi,
Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau 28791

(0763) 32220/434000
email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  Lokasi Kantor

Copyright © 2018 IT. Pengadilan Agama Selatpanjang